September 17, 2013

Evolusi

“Rifqi, coba kamu jelaskan apa arti evolusi itu.”, tanya guru biologi SMP gue waktu itu.

Gue mencoba mengumpulkan nyawa karna waktu itu gue abis ketiduran pas pelajaran biologi.

Walaupun iler-iler gue udah membanjiri sekolah dengan ketinggian selutut katak dewasa. Gue menjawab, “Artinya... Berubah, bu!” Sambil dengan gaya berubah ala ultraman cosmos.

“Ibu juga tau itu!”, dia membentak sekaligus menghentakan tangannya ke meja. Kelas pun hening. Gue pun ngompol.

Yang gue tau, evolusi itu adalah perubahan fisik/nonfisik manusia yang secara bertahap dan harus diteliti dengan detail. Cmiiw, ya.

Setelah lulus SMP akhirnya gue masuk SMA. Gue punya banyak temen(aneh) disini, ketimbang pas gue SMP. Yaa contohnya temen gue namanya Farhan. Doi suka bercanda, main game, minum aer ditempat pipis laki-laki. Katanya sih enak, jadi pengen coba.

Doi itu lebih suka bercanda ketimbang belajar. Gue kalo duduk sama dia pasti topiknya sepak bola. Iya kesamaan ini membawa kita sampai ke pelaminan. Loh.

Tapi itu dulu, sekarang Farhan udah gak kayak dulu, dia lebih sering menghabiskan waktu istirahat sama pacarnya sekarang.

Anyway, gue dari dulu suka sholat berjamaah sama keluarga gue. Dulu pas gue TK juga suka duduk diatas pangkuan bokap gue kalo dia abis sholat dan baca doa bareng. Dia mengingatkan gue buat selalu ingat Allah kapanpun, dimanapun. Gue inget banget waktu itu pas gue sm bokap berdoa bareng. Dia ngasih gue pecinya yang hampir menutup setengah kepala gue. Lalu dia berkata, “Sholeh banget anak papa”.

Gue masih inget banget  momen itu. Momen yang bakal terjadi sekali dalam seumur hidup lo.

Tapi, waktu terus berlalu. Keluarga gue masing-masing udah punya kesibukan, bokap gue kerja, nyokap gue juga suka pergi, abang gue kuliah sambil part-time job, gue ngurusin londri kostum ultraman. Yang gue inget, terakhir gue sholat jamaah sama bokap gue itu, pas gue SD. Dan sekarang gue udah SMA. Udah berapa Hijriyah tuh?

Iya, udah gak pernah lagi bokap gue sholat bareng keluarganya sendiri. Dia udah sibuk banget sama kerjaannya, gue tau sih kerja dan nyari rezeki itu bagus tapi sekali-sekali ngeluangin waktu 5 menit buat sholat sama keluarganya juga gak ada salahnya. Kalo hari sabtu atau minggu dia juga suka pergi sama temen-temen SMA-nya. Intinya dia gak ada waktu banget.

Mungkin yang gue tau tentang evolusi itu salah. Mungkin evolusi itu adalah dimana orang-orang yang lo kenal sehari-hari tiba-tiba dia berubah drastis dalam waktu singkat atau panjang seperti Farhan ataupun bokap gue sendiri. Mungkin itu definisi evolusi kali ya.