Februari 12, 2014

Grocery Bag: Hari Baru Ringgo

“Eh jangan dibawa terbang juga Acha-nyaaa!”.

Gue tereak ke tv gue yang lagi gue setel film Love Is Cinta. Gue berharap nyokap gak kebangun gara-gara dengerin tereakan gue tengah malem gini. Ntar dikiranya, gue diperkosa sama bajing malam.

By the way, nama gue Ringgo. Gue kelas 3 SMP, tapi, tengah malem nanti gue berubah menjadi anak putih abu-abu. Sedap. 

Sambil nunggu jam 12 nanti, gue setel Love Is Cinta, film yang ada Acha Septriasanya itu. Salah satu film drama romance indonesia favorit gue.

Saking seriusnya sama film, jam udah menunjukan jam 12 kurang 5. Gue langsung lari ke tembok 'tinggi badan' yang gue buat pas gue masih SD.  Gue berdiri tegak ditembok itu, gue menggaris tembok diatas kepala gue pake spidol.

Sreet.

Selesai mengukur tinggi badan gue. Gue nunggu jam 12 lewat 1. Buat apa? Buat ngukur tinggi gue lagi. Dan setelah gue ukur tinggi badan gue lagi di jam 12 lewat 1...

Nihil.

Gak ada perubahan.

Inilah salah satu alasan kenapa IQ gue dibawah rata-rata.

Masih belom ngantuk juga, gue nyari film lagi yang bisa gue tonton malam ini juga. Film yang pertama kali gue liat di rak koleksi film gue adalah 500 Days Of Summer. Film drama romantic kesukaan gue juga. Akhirnya gue masukin dvd-nya ke dvd player. Film ini menceritakan seseorang cowok (Joseph Gordon Levitt) yang bertemu cewek cantik bernama Summer yang diperankan oleh pacar (khayalan) gue, Zooey Deschanel. Sadap.

Jadi ceritanya mereka berdua ini hanyalah teman sekantor yang belom saling kenal, mereka berkenalan di lift saat cowoknya lagi mendengarkan lagu dari band The Smiths, dan tau-taunya cewek itu juga suka band tersebut dan akhirnya mereka berkenalan. Akhirnya mereka saling kenal, saling senyum dari meja kantornya dan makeout di ruang mesin fotokopi. Hari demi hari mereka semakin dekat, lunch bareng, ke toko dvd, dan yang gue bingungin sampe ke toko perabotan rumah aja berduaan...

Tapi, mereka itu gak pacaran, melainkan friends with benefits gitu, tapi cowoknya sayang sama ceweknya. Dan akhirnya cewek itu sadar kalo mereka sebatas teman, dia memutuskan meninggalkan cowoknya, dan akibatnya cowoknya galau setengah mampus.

Selang beberapa tahun, mereka bertemu lagi dan sayangnya cewek itu udah menikah, si cowok memberi selamat dan bahagia, dan hancur. 

Ini adalah momen terfavorit gue di film ini pas cowoknya bilang “You know what sucks? Realizing that everything you believe in is complete utter bullshit.”.

Cowoknya bilang gitu setelah mereka bernostalgia di tempat favorit mereka kalo lagi berduaan.

Di sebuah bukit tengah kota yang pemandangannya kota gitu.

Sedihnya, cowok itu kalo udah sayang dan disia-siain cewek begitu, udah gak tau mesti ngapain. Mending deh kalo cowoknya itu melakukan kaya gitu sama cewek yang lebih dari 1. Lah ini cuma sama dia doang, kenapa ditinggalin juga?

Pas, lagi asik - asik-nya nonton, gue ketiduran dan bangun-bangun, jarum jam udah menunjukan 6 kurang 15...

Sore. 

Yaa pagilah!

Gue pun panik, dan seketika suara hentakan kaki yang pelan dari tangga berbunyi. Dan, itu udah pasti nyokap gue yang mau berniat membunuh, eh, ngebangunin gue. 

“Nggo...”

Suara yang belom selesai memanggil nama gue itu buat gue langsung ngibrit ke kamar mandi, saking keburu-burunya, lupa bawa anduk. Alhasil, pas gue selesai mandi, dari kamar mandi ke kamar langsung kabur tanpa busana. Hehe jadi malu.

Alhasil dari pintu kamar mandi ke kamar gue lantainya basah. Pekerjaan untuk nyokap bertambah pagi ini.

Dan inilah momen yang gue tunggu-tunggu.

Seragam putih yang putih, bersih dan digantung rapih, seperti bayi yg belom terkena dosa. Dan, ditambah dengan celana abu-abu yang masih mulus belom ada robekan karna bangku angkot ini, masih wangi. Tidak tega aku memakai ini, saking gak teganya, aku ingin sekali kembali ke dunia mimpiku tapi ibuku pasti tidak mengizinkannya. Oh, tuhan.

Gue bergegas pake seragam yang belom berdosa dan masih kaku itu.

Karna bokap udah nunggu gue di mobil daritadi, gue ngambil selembar roti tawar dan langsung pamit sama nyokap.

Selama di perjalanan, bokap ngeliat gue dengan muka heran.

“Kenapa, pa?”, tanya gue sambil menguyah roti yang gue ambil tadi.

“Engga, papa bingung aja, kok kamu langsung pake seragam SMA aja gitu”, bokap menjelaskan.

“Lah kan aku...”. Gue bales tapi langsung mikir. “... LAH IYA GUE KAN HARI INI MOS!!!”

Gue panik, bokap menghela napas.

“PUTAR HALUAN PAA!!”. Seru gue ke bokap.

“Lah, udah deket ini.” Jawab bokap, sambil nunjukin sekolahan gue.

“Terus gimana dong ini?!” Gue makin panik. 

“Yauda bilang aja, salah seragam atau seragam SMP-nya udah kamu makan.”. Ucap bokap gue sambil senyum tanpa dosa.

Setelah panik dalam mobil, mau keluar dari mobil aja rasanya kaya pengen nginjek tanah yg bakal penuh dengan kemaluan buat gue hari ini. Bukan kemaluan itu maksudnya ya... Maksudnya rasa malu gitu.

Setelah pamit sama bokap. Akhirnya gue keluar dari mobil. Jalan ke gerbang dengan perlahan sambil nengok kanan-kiri penuh dengan anak SMP yang memakai topi kerucut selagi pamit sama ortunya.

Udah didepan pos satpam. Satpam ngampirin gue, langsung nanya “kamu anak baru, ya?”.

“Umm... Iya pak.” Jawab gue sambil nahan malu.

“Pasti salah seragam ya?”

“Iya, pak.”

Dia hanya memandangi gue dan langsung pergi. Seketika hp gue berbunyi. Ternyata sms dari nyokap yang bertuliskan, “mama lagi dijalan bawain seragam SMP kamu, topi kerucut, nametag”. 

Sebuah rasa kasih sayang dari seorang malaikat tanpa sayap.

Gue pun nunggu di pos satpam sambil ngeliatin anak baru dan anak lama yang masuk ke dalem sekolah.

Gak lama kemudian, nyokap dateng sambil bawa plastik besar yang berisikan seragam SMP gue. Gue pun langsung ganti seragam dibelakang pos satpam.

Nyokap pun balik, gue langsung lari ke lapangan karna bel masuk udah berbunyi.

Gue dapet kelas 10-2, yang barisannya berada pada kiri lapangan. Dan gak lama seorang bapak-bapak naik ke podium sambil mengucapkan salam. Setelah berpidato dan memberi selamat, dan kakak-kakak osisnya nyuruh kita ke kelas masing-masing, kelas gue ada di lantai 3. Pas berada di tangga gue baru sadar kalo bapak-bapak yg tadi itu adalah kepala sekolah di sekolah ini.

Pas udah sampe di depan kelas gue, gue berhenti sejenak. Ini dimana syndrom "Kita Duduk Sama Siapa" dimulai. Gue terkena syndrom itu. Gue pun langsung mengambil meja yang agak ditengah. Sambil menahan keringet dingin karna siapa orang yang bakal duduk disamping gue, seketika dari pintu dateng seorang cewek yg belom gue kenal. Rambutnya panjang, pipinya tembem, kurus dan agak tinggi, kulitnya coklat itu tipe gue banget.

Dia duduk di meja sebrang meja gue dan duduk dengan seorang cewe yg gemuk dan badannya sekel. Pokoknya serem deh kaya genderuwo pengen mendapat sebuah pendidikan.

Cewe tadi itu bikin gue lupa sama keringet dingin karna syndrom gue. Karna saking fokusnya sama cewe itu didepan kelas udah ada cowo hitam berdiri, badannya agak berotot, bibirnya tebal kaya bibir preman atrium mall. Pas dia mengeluarkan suara...

Suaranya ngondek.

Setelah dia berkenalan didepan kelas, dia kaya kebingungan nyari meja. Gue langsung finger crossing sambil nutup mata dan berdoa supaya dia gak duduk disamping gue.

“Jangan. Jangan. Jangan samping gue.”. Gue berdoa dalam hati sekencang-kencangnya.

Pas lagi khusyuk berdoa, kejadian yang gak diharapkan terjadi.

Suara ngondek dari samping meja terdengar...

“Hai. Disamping lo kosong gak?”.

To be continued.