Maret 23, 2014

Grocery Bag: Kelas Baru Ringgo

Karena masih gak percaya apa yang barusan gue dengar. Gue mencoba membuka mata gue perlahan-lahan dan menengok kearah suara ngondek itu berasal.

Dan, kejadian yang tidak seharusnya diharapkan itu terjadi. Tuhan itu adil, teman.

Benar.

Bencong keker yang memperkenalkan diri didepan kelas tadi udah berdiri disamping gue dengan gagah dan senyum sumringahnya.

“Gue boleh duduk disamping lo gak?”, sambil senyum ke gue. Gue keringet dingin.

Pura-pura gak denger, gue senyum maksa aja ke dia.

Muka dia heran, dia bertanya lagi, “Hellooo, samping lo kosong gaaak?”, keringet gue makin bercucuran.

Saking gak sadarnya, kelas gue udah banjir keringet dingin sedengkul orang dewasa.

Gue memberanikan menjawab sambil terbata-bata, “Iya, ko...ko...kosong, kok...”.

Tanpa basa-basi dia langsung duduk disamping meja gue. Gue ngeliatin dia sambil pasang muka heran. Dari kaki sampe bawah badannya berkulit hitam semua, bibirnya tebel banget, rambutnya belah tengah sedikit. Dia pun sadar kalo gue dari tadi liatin.

Dia langsung memperkenalkan dirinya ke gue, “Nama gue Muson. Nama lo siapa?”, sambil nanya nama gue siapa. Suaranya ayu banget.

“R...Ringgo.”, jawaban yang super singkat itu keluar dari mulut gue yang bergetar ketakutan.

Terjadi keheningan sebentar, ternyata dia lagi menghadap kedepan kelas, dia gak memerhatikan gue, gue pun gusar.

Pengen gue lempar setrikaan yang lagi dipanasin ke bibirnya tau gak.

Si Muson ini menanyakan ulang nama gue lagi.

“LO KIRA GAMPANG!?”, seru gue dalam hati.

Akhirnya gue kasitau lagi nama gue ke Muson.

Bel istirahat berbunyi. Akhirnya bisa kenalan sama cewek yang tadi, disaat gue nengok ke mejanya, yang ada malah cewek yang mirip genderuwo tadi lagi makan bekelnya.

Gue yakin bekel itu hanya bisa dimakan sama orang tertentu.

Tadi Muson bilang ke gue kalo dia pengen ke kantin sama temennya. Gue pun nyusulin dia ke kantin, pas gue keluar kelas, banyak anak bercelana SMP berhamburan, ditambah kakak-kakak kelasnya juga. Gue pun turun lewat tangga. Disaat lagi turun ditangga ada cermin, jadi gue mengaca dulu sebentar. Apa gue udah keren apa belom. Beuh, ternyata mirip punggung buaya muka gue. Selesai ngaca, gue langsung turun lagi, seorang cewe oriental, berkulit putih, senyumnya manis, rambutnya panjang, jalan melewati gue. Sekilas saat melihatnya buat tubuh gue kaku.

Angel from heaven just pass me by.

Cewek tadi ke arah lantai atas, ingin hati bermaksud menyusulnya, perut sudah memanggilku untuk mengisinya. Jadi gue langsung menuju kantin.

Karena kantinnya berposisi dibelakang sekolah, jadi gue harus melewati mushola yang dipenuhi orang-orang yang lagi sholat. Karena jalannya sempit banget, gue harus menginjek sepatu mereka dengan cara ‘tidak sengaja’.

Disaat lagi berusaha melewati jalan kecil dan berranjau ‘sepatu’. Seorang murid berbadan besar menabrak gue, karna saking gelapnya jalan itu, gue gak bisa ngeliat celananya berwarna apa, jadi gue langsung minta maaf yang gue kiranya kakak kelas. Karena gue orangnya gak mau berdebat, jadi gue langsung kabur aja ke kantin.

Sekarang mindset gue udah terbenam jika ketemu kakak kelas berbadan besar, rambut keriting. Jangan berkata apapun. Kabur.

Pas di kantin, banyak yang lagi makan, jajan, ngobrol, salto, koprol dan handstand. Ini sekolah apa sirkus jalanan sih.

Gue ngeliat Muson lagi duduk bersama seorang cewek yang gak keliatan mukanya dari sini karena saking penuhnya kantin. Gue mencoba menerobos arus keramaian kantin, tapi apadaya, gue harus lebih semangat.

Sepuluh menit kemudian tetap di tempat yang sama dan akhirnya gue memutuskan untuk menunggu kantin sepi. Lima menit kemudian, akhirnya kantin mulai sepi juga, hanya ada beberapa orang yang lagi makan di kantin. Gue langsung lari ke meja Muson. Dan, ternyata Muson udah gak ada. Aku berjanji akan meledakan kantin ini.

Karena udah laper banget, gue beli mie ayam dan gue bungkus untuk makan di kelas.

Pas lagi jalan ke kelas, gue sempet mengingat kejadian yang di tangga tadi, udah sempet ngarepin bakal ketemu cewek yang tadi. Jadi gue diem sebentar di tangga. Sambil ngeliat keatas tangga dengan penuh harapan dia bakal turun lewat tangga ini. Tiba-tiba, tangga bergetar lumayan kencang, sesosok berbadan besar muncul, dengan rambut panjangnya dia turun melewati tangga, gue tercengang...

Ternyata cewek genderuwo tadi.

Gue melanjutkan perjalanan gue ke kelas lagi. Pas ngeliat ke dalem kelas lewat jendela, orang-orang lagi tampak serius ngerjainseseuatu yang gue gak tau itu apa. Tanpa rasa bersalah, masuk ke dalem kelas sambil menenteng sebungkus mie ayam yang udah dingin. Orang-orang pada ngeliatin gue dengan heran.

Gue pun diem.

Kelas hening mencekam.

Seseorang bapak-bapak separuh baya berbadan bulat memanggil gue dari meja gue, “Heh, heh, kamu darimana?”.

“Ka...ka...kantin, pak” sambil menunjukan mie ayam gue yang super maknyus ini telah dingin.

“Bukannya ujian penjurusan, malah jajan kamu ini” ucap dia sambil cemberut.

Setelah mendengar ucapan itu, otak gue langsung nge-blank, bola mata gue membesar, di otak gue hanya terngiang-ngiang kepala Muson sambil berkata “PENJURUSAN PENJURUSAN PENJURUSAN”.

Gue pun mengambil kertas ujian dan soalnya dan pergi ke meja gue.

Tanpa dibekali oleh apapun untuk mengerjakan lembaran yang tidak gue kenal ini. Gue mulai mengerjakannya dengan ke-sotoy-an ala Ringgo.

Sekitar 1 jam kemudian, gue terbangun dari tidur yang sudah menindih kertas ujian itu dengan kepala gue. Karna orang lain udah pada ngumpulin kertasnya. Gue buletin nama pun belom sama sekali. Dengan ketingkat tidak pedulian yang sangat tinggi, akhirnya gue kumpulin dengan seadanya.

Seusai pulang sekolah, hasil ujian udah diumumin. Hasil dtempel di jendela kelas masing-masing yang bakal jadi kelas baru nanti, karna kelas yang ini hanyalah kelas MOS, yang berarti kelas sementara.

Gue mencari-cari kelas gue dari lantai satu ke lantai dua, kemudian ke lantai tiga dan satu persatu-satu gue perhatiin daftar namanya. Setiap kelas dipenuhi sama orang-orang. Tapi ada satu kelas yang gue perhatiin daritadi.

Kelas cewe ber-pipi tembem itu.

Dia dapet kelas apa, dimana, sama siapa, semalam berbuat apa.

Tadi itu, tidak kalian baca. Tapi, kalian nyanyikan.

Gue perhatiin dia dari jauh, dia terlihat seneng pas ngeliat lembaran daftar siswa yang ditempel dikelas itu. Doi tampak terlihat senang, dari kejauhan seperti ingin menghampiri gue. Gue pun terdiam beku, saat dia udah mendekatu gue, langsung gue lempar perkenalan, “Nama gue Ring....”, doi berbelok ke arah tangga.

Doi turun ke lantai bawah.

Senyuman di mulut gue berubah menjadi senyum kecut karena harapan yang tinggi bisa menjatuhkan ku ke tanah kesakitan.

Gue pun kepo, gue membaca daftar nama yang ada ditempel di jendela kelas yang cewe berpipi tembem baca tadi.

Gue pu  memperhatikan satu-satu nama tersebut. Ada Kuncoro, Hilman, Jerri, Ina, nama-nama yang tidak gue kenal itu gue perhatikan satu-satu.

Kemudian gue terdiam, setelah membaca di abjad R.

Ada nama gue.

Akhirnya gue sekelas lagi sama cewek itu. Gue pun jingkrak-jingkrak, muter-muter sambil gaya ayam pengen melahirkan.

Gak ada angin, gak ada hujan, cewek itu udah didepan kelas yang tadi, sekarang dia bawa...

Muson.

Tanpa dipercaya, suara ngondek itu terdengar seperti musibah buat gue.

Dia berkata sama cewek itu, “Gue sekelas sama lo lagi Ina!”.

Yang berarti gue sekelas lagi...

Sama...

Muson.

To be continued.