September 07, 2014

Crab.

"Adek, ayo bangun dek" sambil goyang-goyangin badan gue dan nyokap bangunin gue.

Gue pun bangun, masih setengah tidur juga. Gue lanjut memeluk guling lagi. Nyokap gue nyerah. Bokap turun tangan.

Bokap mempunyai jurus untuk bangunin gue tiap pagi kalo gue susah bangun buat ke sekolah, doi ngelakuin ini setiap pagi sebelum pergi kerja. Dari gue masih TK dia lakukan jurus ini buat bangunin gue. Dia ngebuka baju gue sampe keliatan perut, dan jadiin tangannya kaya kepiting, dan jalan-jalanin tangannya di perut gue sambil nyanyi "Ting, kepiting, kalo engga bangun ntar diganggu kepiting". What a childhood.

Pagi ini, dia ngelakuin itu lagi. Padahal gue udah kelas 6 SD. Gue kegelian dan akhirnya bangun. Sambil ngumpulin nyawa dan baju setengah terbuka. Gue melempar pertanyaan ke bokap gue "Kenapa harus sekolah sih, pah?".

Dia mikir. Terus dia ngejawab "Kalo gak sekolah, ntar jadi tukang koran, naik sepeda, panas-panas," jawab dia, "emang kamu mau jadi tukang koran?". Gue menggeleng-geleng sambil manyun.

Tapi, waktu terus berjalan. Gue jadi anak SMP, terus jadi anak SMA. Ekspetasi gak sesuai realita, perjalanan pendidikan gue di delay. Finansial itu adalah musuh terbesar dalam suatu keluarga. Kalo lo gak bisa mendapatkan finansial, maka sebuah keluarga akan terjatuh.

Gue udah berusaha ikut ujian ini itu buat masuk perguruan tinggi maupun itu swasta atau negeri. Gue iri setengah mampus ngeliat temen-temen seangkatan gue udah pada dapet 'bangku' di kampusnya. Mereka seneng, gue iri. Iri bukan gengsi, tapi sebuah hak yang gak bisa gue miliki saat ini.

Nyokap sering ceramahin gue, ngehibur gue, dia selalu ingetin gue "pendidikan itu tidak pandang umur". Dia berusaha supaya tahun depan gue bisa menjadi mahasiswa aktif, bukan pasif.

Tiap hari gue cuma main komputer, nulis, gambar, dll. Cerita sama nyokap. Kenapa nyokap? Doi udah ngerasain "manis-pait"-nya hidup. Doi punya prinsip pendidikan itu nomer satu dan anak-nya harus memiliki itu. And i believe her so much about that.

Si kepiting yang membangunkan gue pas gue kecil, masih tertidur lama. Dia menunggu seseorang anak kecil yang masih malas pergi ke sekolah dan membangunkan untuk mengejar cita-citanya.

Dan, si kepiting tersebut akan gue berikan ke anak gue kelak nanti.

End.